NUTRISI YANG HARUS DIPENUHI OLEH IBU HAMIL

Ibu hamil memerlukan nutrisi tambahan selama mengandung. Hal ini dikarenakan nutrisi ibu yang sedang mengandung akan diserap oleh janin, sehingga nutrisi yang diperlukan selama mengandung menjadi 2x lipat. Ibu hamil biasanya akan mengalami nafsu makan meningkat, namun harus tetap diperhatikan makanan dan minuman apa saja yang dapat dikonsumsi dan baik untuk pertumbuhan janin. Beberapa nutrisi yang harus terpenuhi selama kehamilan, antara lain:

  1. Kalsium

Ibu hamil dan bayi yang dikandung membutuhkan kalsium untuk tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga mendukung fungsi yang sehat dari sistem peredaran darah, otot dan syaraf. Ibu hamil membutuhkan 1.000 miligram kalsium dalam sehari. Kebutuhan akan kalsium disarankan tidak kurang maupun tidak berlebihan karena akan berpengaruh pada Kesehatan tubuh bayi dalam kandungan.

  • Vitamin

Vitamin sangat dibutuhkan oleh semua orang, terutama untuk ibu yang sedang mengandung. Vitamin dapat membantu tubuh ibu tetap sehat dan bugar serta baik untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Vitamin ini dapat ditemukan pada protein nabati seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, serta pada protein hewani yang terdapat pada telur, daging dan susu.

  • Zat Besi

Tubuh menggunakan zat besi untuk membuat hemoglobin. Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan tubuh. Selama kehamilan, ibu hamil membutuhkan dua kali lipat jumlah zat besi. Tubuh membutuhkan zat besi ini untuk membuat lebih banyak darah untuk memasok oksigen ke bayi. Ibu hamil membutuhkan 27 miligram zat besi dalam sehari.

  • Asam Folat

Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi ini membantu untuk mencegah cacat lahir pada otak dan syaraf bayi, menurunkan resiko keguguran dan menurunkan resiko terjadinya pre-eklampsia.

Empat nutrisi tersebut sangat penting bagi ibu hamil dan bayi. Dengan terpenuhinya nutrisi tersebut akan mempengaruhi Kesehatan keduanya. Namun bagaimana jika nutrisi tersebut tidak terpenuhi dengan baik?

  1. Mudah sakit

Ibu dan bayi akan mudah terserang penyakit, terutama penyakit menular. Hal ini pastinya akan berdampak buruk pada bayi dalam kandungan.

  • Berat badan tidak bertambah

Berat badan bayi dapat menentukan jika ibu kekurangan nutrisi

  • Anemia

Jika ibu hamil kekurangan zat besi, maka akan rentan terkena anemia. Di mana ciri-ciri anemia adalah kulit yang pucat, tubuh lemas, kepala sakit, dan penurunan napsu makan

  • Psikologis terganggu

Ibu yang Tengah mengandung dan kekurangan nutrisi akan merasakan lemas dan penurunan napsu makan, sehingga akan berdampak juga pada masalah psikologis. Hal ini juga karena psikologis ibu  hamil cenderung tidak stabil dan akan menyebabkan kekhawatiran berlebih dan menurunnya minat akan aktivitas

Nutrisi yang dikonsumsi sangat penting untuk Kesehatan dan pertumbuhan ibu hamil dan janin. Ibu hamil membawa 2 nyawa dalam tubuhnya sehingga memerlukan nutrisi yang lebih banyak dibanding orang yang tidak mengandung. Penuhi nutrisi, melakukan aktivitas ringan, serta lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui perkembangan janin.

Pendaftaran Poliklinik via WhatsApp        : 0811-1455-161

Customer Care                                               : 0812-8749-1826

Telepon                                                           : 021-8798-5555

Media Sosial                                                  : rs.citama